gambar

gambar
Jumat, 10 Juli 2015

Tentang Futsal


ft
Sejarah Singkat Futsal

      Futsal ditemukan oleh Juan Carlos Ceriani di Montevideo, Uruguay 1930. Olahraga futsal dengan cepat tersebar di seluruh Amerika Selatan. Pada tahun 1971, FIFUSA didirikan sebagai badan futsal dan yang pertama kali mengadakan kejuaraan dunia di Brasil. Kemudian, FIFA mengambil alih kejuaraan dunia pada tahun 1985. Keterlibatan FIFA dalam futsal membantu olahraga tersebut mendapatkan popularitasnya. Dan buktinya, hari ini olahraga futsal dapat dimainkan di seluruh penjuru dunia.


Bagaimana Cara Bermain Futsal

       Futsal merupakan sebuah olahraga variasi dari sepak bola, yang dimainkan dengan bola lebih kecil dengan lapangan di dalam ruangan. Objek pemain futsal adalah bola yang dimainkan dengan menggunakan kaki atau pun kepala. Untuk dapat memenangkan pertandingan, sebuah tim harus bisa mencetak gol ke gawang lawan dan mempertahankan gawangnya dari kemasukan bola.


Peraturan Futsal

          Lapangan futsal umunya dimainkan di ruangan tertutup dengan ukuran panjang 25-43 m x lebar 15-25 m. sementara itu, garis pembatas mempunyai lebar 8 cm yang mencakup garis sentuh di sisi, garis sejajar dengan gawang dan garis melintang di tengah lapangan. Diameter lingkaran yang berada di tengah lapangan berukuran 3 meter, daerah penalti yang berbentuk busur berukuran 6 meter dari titik tengah garis gawang dan titik penalti kedua berukuran 10 meter dari titik tengah garis gawang. Sementara itu, ukuran gawang dalam olahraga futsal mempunyai tinggi 2 meter dan lebar 3 meter.
Bola yang digunakan futsal tidak sama dengan yang digunakan di sepak bola. Ukuran bola futsal mempunyai nomer 4 dengan diameter 62-64 cm, berat 0,4 – 0,44 kg dan terbuat dari kulit atau bahan yang cocok. Jika dipantulkan pertama kali, bola futsal akan melambung sejauh 55 – 65 cm dari permukaan.
Dalam sebuah pertandingan futsal memiliki durasi 2×20 menit, lama istrihat 10 menit, time out 1 menit di setiap babak (tidak ada dalam waktu tambahan) dan lama perpanjangan waktu setelah pertadingan normal berakhir yaitu 2×5 menit. Jika pertandingan harus berkesudahan dengan hasil yang imbang di babak tambahan, maka ada adu penalti sebagai penentunya dengan maksimal 5 gol.
Jumlah pemain setiap tim dalam pertandingan futsal adalah 5 pemain, termasuk penjaga gawang dan jumlah cadangan maksimal 7 pemain. Pertandingan futsal dipimpin oleh 2 wasit yang berada di sebelah sisi lapangan. Jika dilihat, keberadaan wasit futsal menyerupai hakim garis seperti sepak bola. Namun, setiap wasit futsal berhak memberhentikan pertandingan dan memberikan sebuah kartu jika terjadi pelanggaran atau hal apa pun yang mengganggu jalannya pertandingan. Wasit tidak dikehendaki untuk menginjak arena pertandingan, terkecuali ada pelanggaran yang mengharuskan wasit untuk menentukan posisi bola dan pagar betis.
Sementara itu, metode pergantian pemain dalam pertandingan futsal dinamakan “pergantian melayang”. Maksutnya, semua pemain selain penjaga gawang boleh memasuki dan meninggalkan lapangan kapan saja. Pergantian penjaga gawang hanya dapat dilakukan ketika bola tidak sedang dimainkan dan dengan persetujuan wasit. Tidak ada batas pergantian pemain dalam futsal. Jika di sepak bola, pemain yang telah diganti tidak dapat dimainkan kembali pada pertandingan yang sama. Maka, futsal tidak seperti itu. Pemain yang telah terganti pun masih dapat bermain kembali pada pertandingan yang sama.


Tips

          Setiap pemain futsal dituntut untuk mempunyai skill yang tinggi dalam bermain futsal. Untuk melatih skill, hal dasar yang harus dilakukan ialah berlatih dribbling dengan catatan bola tidak jauh dari kaki. Selanjutnya, ditambah dengan pergerakan – pergerakan yang menyulitkan lawan untuk merebutnya. Tidak hanya skill, stamina juga sangat penting, terlebih olahraga futsal sangat dituntut untuk banyak bergerak dan berlari cepat. Untuk melatih hal tersebut, kita dapat memperbanyakjogging serta berlari cepat dengan jarak pendek.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Tentang Futsal Rating: 5 Reviewed By: Unknown
Scroll to Top