gambar

gambar
Selasa, 21 April 2015

Golongan Darah Dan Darah Pada Manusia



Golongan darah adalah ciri khusus darah dari suatu individu karena adanya perbedaan jenis karbohidrat dan protein pada permukaan membran sel darah merah. Dua jenis penggolongan darah yang paling penting adalah penggolongan ABO dan Rhesus (faktor Rh). Di dunia ini sebenarnya dikenal sekitar 46 jenis antigen selain antigen ABO dan Rh, hanya saja lebih jarang dijumpai. Transfusi darah dari golongan yang tidak kompatibel dapat menyebabkan reaksi transfusi imunologis yang berakibat anemia hemolisis, gagal ginjal, syok, dan kematian.
Golongan darah manusia ditentukan berdasarkan jenis antigen dan antibody yang terkandung dalam darahnya, sebagai berikut:
* Individu dengan golongan darah A memiliki sel darah merah dengan antigen A di permukaan membran selnya dan menghasilkan antibodi terhadap antigen B dalam serum darahnya. Sehingga, orang dengan golongan darah A-negatif hanya dapat menerima darah dari orang dengan golongan darah A-negatif atau O-negatif.
* Individu dengan golongan darah B memiliki antigen B pada permukaan sel darah merahnya dan menghasilkan antibodi terhadap antigen A dalam serum darahnya. Sehingga, orang dengan golongan darah B-negatif hanya dapat menerima darah dari orang dengan dolongan darah B-negatif atau O-negatif
* Individu dengan golongan darah AB memiliki sel darah merah dengan antigen A dan B serta tidak menghasilkan antibodi terhadap antigen A maupun B. Sehingga, orang dengan golongan darah AB-positif dapat menerima darah dari orang dengan golongan darah ABO apapun dan disebut resipien universal. Namun, orang dengan golongan darah AB-positif tidak dapat mendonorkan darah kecuali pada sesama AB-positif.
* Individu dengan golongan darah O memiliki sel darah tanpa antigen, tapi memproduksi antibodi terhadap antigen A dan B. Sehingga, orang dengan golongan darah O-negatif dapat mendonorkan darahnya kepada orang dengan golongan darah ABO apapun dan disebut donor universal. Namun, orang dengan golongan darah O-negatif hanya dapat menerima darah dari sesama O-negatif.
Secara umum, golongan darah O adalah yang paling umum dijumpai di dunia, meskipun di beberapa negara seperti Swedia dan Norwegia, golongan darah A lebih dominan. Antigen A lebih umum dijumpai dibanding antigen B. Karena golongan darah AB memerlukan keberadaan dua antigen, A dan B, golongan darah ini adalah jenis yang paling jarang dijumpai di dunia.
Ilmuwan Austria, Karl Landsteiner, memperoleh penghargaan Nobel dalam bidang Fisiologi dan Kedokteran pada tahun 1930 untuk jasanya menemukan cara penggolongan darah ABO….pen…
Darah manusia.
Darah adalah tisu perantara yang terdapat dalam semua hewan tinggi yang berfungsi sebagai sistem pengangkutan dalam badan untuk mengangkut gas, nutrien dan hormon. Darah juga terlibat dalam sistem imunisasi menentang penyakit. Terma perobatan berkait dengan darah,, bermula dengan hemo- atau hemato- dari perkataan bahasa Greek untuk darah.
Darah manusia
Darah manusia adalah cairan tisu, fungsi utamanya adalah mengangkut oksigen yang  diperlukan untuk hidup diseluruh tubuh. Darah juga mengandung tisu dengan zat, menyingkirkan bahan kotoran, dan mengandung berbagai bahan sistem imunisasi ,bertujuan mempertahankan badan dari jangkitan kuman. Hormon endokrin juga diedarkan melalui darah.
Darah manusia berwarna merah, berwarna merah terang apabila  mengandung oksigen, serta berwarna merah tua apabila tidak ada  oksigen. Warnanya disebabkan oleh hemoglobin, protein pernafasan (respiratory protein) yang mempunyai besi dalam bentuk heme, tempat oksigen bergabung.
Darah beredar dalam saluran darah dan dijalankan oleh jantung, pam otot. Darah yang melalui paru-paru untuk diberi oksigen, dan dijalankan ke seluruh tubuh oleh saluran  arteri. Darah mengedarkan oksigen keseluruh badan melalui saluran halus darah yang disebut  kapillari. Darah kemudian kembali ke jantung melalui vein.
Darah juga mengangkut bahan kotoran metabolik, nanah dan bahan kimia asing ke hati untuk diuraikan dan melalui buah pinggang untuk disingkirkan sebagai air kencing.
Komposisi:::
Darah terdiri dari beberapa jenis korpuskel corpuscles, yang membentuk 45% bagian dari seluruh darah. 55% yang lain adalah plasma darah, cairan kekuningan yang membentuk medium cairan darah,
Korpuskel adalah:
* sel darah merah atau erythrokytes (sekitar 99%). Korpuskel tidak mempunyai nukleus sel dan organelle, dan tidak dianggap sebagai sel dari segi biologi. Korpuskel mengandungi hemoglobin dan mengedarkan oksigen. Sel darah merah juga bertanggung jawab bagi sistem jenis darah.
* Platelet atau thrombokytes (0.6 – 1.0%), bertanggung jawab untuk pembekuan darah.
* Sel darah putih atau leukokytes (0.2%), merupakan sebagian dari sistem imunisasi, dan bertugas untuk memusnahkan agen ketularan.
Plasma darah pada asasnya larutan air yang mengandung :
* albumin
* bahan pembekuan darah
* immunoglobin (antibodi)
* hormon
* berbagai jenis protein
* berbagai garam
Keseluruhannya, plasma dan korpuskel membentuk cairan yang ciri alirannya unik bersesuaian dengan rekabentuk pembuluh darah.
Kesehatan
Beberapa masalah kesehatan berkaitan dengan darah.
Luka boleh menyebabkan kehilangan darah teruk. The thrombocytes menyebabkan darah membeku, menutup luka kecil, tetapi luka besar perlu dirawat dengan segera untuk menghalangi exsanguination. Kerusakan pada organ dalam boleh menyebabkan luka dalama yang teruk atau hemorrhage.
hemofilia merupakan kecacatan genetik yang menyebabkan kegagalan berfungsi “disfungsi” dalam mekanisma pembekuan darah seseorang. Ini menjadikan luka kecil mampu berubah mengancam nyawa, tetapi biasanya menyebabkan hemarthrosis, atau pendarahan pada sendi, yang bisa melumpuhkan.
Leukemia merupakan kumpulan barah tisu pembentuk darah.
Pendarahan teruk,  baik itu terasa sakit atau tidak (seperti saat pembedahan), dan juga setengah penyakit darah seperti anemia dan thalassemia, memerlukan pemindahan darah. Beberapa  negara mempunyai bank darah untuk memenuhi permintaan untuk pemindahan darah/trans. Penerima darah perlu mempunyai jenis darah sama dengan penderma.
Darah merupakan cara “vektor” penjangkitan. Salah satu contoh penyakit bawaan darah yang diketahui masyarakat umum  adalah AIDS, yang mana virus HIV, dipindahkan melalui sentuhan antara darah dengan darah, air mani “sperma”, atau cairan badan orang yang dijangkiti. Disebabkan oleh jangkitan melalui darah, obyek berdarah dianggap ancaman bio “biohazard”.
Tekanan darah merupakan alat diagnostik yang penting.
hasil dan penguraian sel darah
Bagi hewan bertulang belakang, berbagai sel darah dihasilkan dalam sum-sum tulang dalam proses yang dikenal sebagai hematopoiesis, yang mencakup erythropoiesis, hasil sel darah merah,dan myelopoiesis, hasil sel darah putih dan platelet. Semasa kanak-kanak, hampir semua tulang manusia menghasilkan sel darah merah,apabila dewasa, hasil sel darah merah yaitu kepada tulang-tulang besar,bagi hewan bertulang belakang, tulang dada (sternum), tulang selangka, tulang pelvik, dan tulang lengan dan kaki. Tambahan lagi, semasa kanak-kanak, kelenjar thymus, yang terdapat di mediastinum, merupakan sumber penting menghasilkan lymphocytes. Komponen darah berprotin (termasuk protin pembekuan) kebanyakan dihasilkan oleh hati, sementara hormon dihasilkan oleh kelenjar endokrine dan ratusan air dikawal oleh hypothalamus dan dikekalkan oleh buah pinggang.
erythrocytes yang sehat mempunyai hayat plasma sekitar 120 hari sebelum ia diurai oleh limpa, dan oleh sel Kupffer dalam hati. Hati turut menyingkirkan setengah protein, lipid, dan asid amino. Buah pinggang secara aktif menyingkirkan bahan buangan melalui air kencing.
Kepercayaan mengenai darah
Disebabkan kepentingan darah kepada kehidupan, darah dikaitkan dengan beberapa kepercayaan. Salah satu kegunaan darah yang asas adalah sebagai simbol pertalian keluarga“pertalian darah” beerti mempunyai kaitan melalui leluhur dan tidaknya melalui ikatan perkawinan.
Penganut Kristian percaya bahwa wain Eucharist adalah atau melambangkan darah Yesus Kristus yang ditumpahkan untuk keselamatan (salvation) mereka.
Vampire adalah makhluk fiksyen yang dipercaya terus hidup dengan menghisap darah orang yang masih hidup. Dalam teori zaman pertengahan “medieval” salah satu dari empat unsur badan, darah dikaitkan dengan unsur api dan riang dan pengkunsumsi yang dikenal yang  mempunyai perwatakan (sanguine).
Darah hewan bukan manusia
Dalam serangga, darah (secara tepatnya dikenal sebagai hemolymph) tidak terkena dalam pengedaran oksigen. (Bukaan dikenal sebagai trakhea membenarkan oksigen dari udara untuk meresap secara langsung ke tisu). Darah serangga mengangkut zat ke tisu dan menyingkirkan bahan kotoran.
Dalam hewan lain, fungsi utama darah ialah mengangkut oksigen dari paru-paru atau insang ke tisu. Dalam sebagaian hewan invertebrata kecil, oksigen hanya meresap kedalam plasma. Semua hewan lain menggunakan pritin pernafasan untuk meningkatkan keupayaan mengangkut oksigen. Hemoglobin merupakan protin pernafasan paling berkesan secara semulajadi. Hemokyanin (biru) mengandung tembaga dan digunakan dalam hewan krustakean. “Sea squirt”, antara hewan laut, menggunakan vanadium khromagen (hijau muda, biru, atau kuning bata “oren”) untuk pewarna pernafasaan.
Dalam invertebrata, protin pembawa oksigen terlarut bebas dalam darah,dalam vertebrata protin pembawa oksigen terkandung dalam sel darah merah khusus, membenarkan kepekatan lebih pewarna pernafasan tanpa peningkat kepekatan darah.
Darah digunakan makan
Ada budaya yang masak dan makan darah hewan. Puding darah dan sosis darah dimakan di England dan Sweden. Yahudi dilarang mencampur keju dan darah karena seperti ini mencampur yang hidup dan mati (lihat: kosher). Islam diharamkan makan darah.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Golongan Darah Dan Darah Pada Manusia Rating: 5 Reviewed By: Unknown
Scroll to Top