gambar

gambar
Sabtu, 04 April 2015

Sholat Hajat

Shalat hajat ialah shalat yang dikerjakan karena mempunyai hajat agar diperkenankan hajatnya oleh Allah. Shalat sunah hajat dikerjakan dua raka’a, kemudian berdoa memohon sesuatu yang menjadi hajatnya. Shalat hajat ini banyak macam ragam cara mengerjakannya yakni bukan syarat rukunnya tidak hanya pada bacaan dan tertibnya berlainan cara mengerjakannya.
Shalat Hajat
Pada pokoknya shalat hajat itu dilaksanakan dua raka’at sampai dengan 12 raka’at, dengan tiap tiap dua raka’at satu salam. Ayat ayat terserah kepada yang akan mengerjakannya dan di perbuat dua raka’at sehingga sampai 12 raka’at jumlahnya, dan seperti shalat-shalat yang lainnya.

Bacaan Niat Shalat Hajat

Lafazh niatnya ialah:
“Ushallii sunnatal-haajati rak’ataini lillaahi ta’-aalaa.Allahu Akbar”

Doa Shalat Hajat

Apabila telah selesai shalat hajat, lalu duduklah kita dengan khusyuk, lalu membaca istigfhar. Dalam Kita Tajul Jamil lil ushul, di anjurkan :Selesai shalat hajat membaca istighfar 100 kali, yakni membaca:
“Astaghfirullaahal-azhim”
Setelah membaca istighfar lalau membaca shalawat atas Nabi saw. 100 kali, yakni membaca
“Allahumma Shalli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin shalaatar-ridhaa wardha ‘an ashhaabihir-ridhar-ridhaa”
Sesudah itu membaca doa sebagai berikut:
“Laa ilaaha illallahul-hakimil-kariim subhaanallaahi rabil-‘arsyil-‘azhim.Al-hamdu liilaahi rabbil-‘alamiin as’aluka muujibaati rahmatika wa ‘azaa’ima maghfiratika wal-ghanimata min kulli birrin was-salaamata min kulli itsmin laa tada’ lii dzamban illaaghafartahuuu wa laa hamman illaa far-rajtahu wa laa haajata illa hiya laka ridhan illaa qadhaitahaa yaa arhamar-raahimin”
Kemudian mohonlah apa yang di maksud, sambil bersujud kepada Allah, dan perbanyaklah bacaan:
“Tidak ada Tuhan melainkan Engkau ya Allah  Maha Suci Engkau,sesungguhnya aku ini adalah dari golongan yang aniaya”
Shalat hajat ini dilaksanakanlah semalam, atau tiga malam sampai tujuh malam, tergantung pada penting dan urgensinya serta sulit maksud kita ini, Insya Allah hajatkita ini terkabul. Demikianlah pembahasan Cara Mengerjakan Shalat Hajat yang bisa kami berikan kepada anda semua.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Sholat Hajat Rating: 5 Reviewed By: Unknown
Scroll to Top